Pertanian & Hama

Tips Menggunakan Pestisida Secara Bijak Untuk Lingkungan Sehat

142

Tips Menggunakan Pestisida Secara Bijak Dalam bertani pestisida merupakan salah satu komponen penting yang digunakan untuk membasmi hama yang menyerang tanaman. Adanya pestisida mampu mengusir hama yang seringkali merusak tanaman dan akhirnya membuat petani gagal panen. Namun pestisida memiliki citra yang buruk di masyarakat. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa pestisida bisa mengganggu kesehatan. Sehingga lebih banyak yang mengagung-agungkan tanaman organik. Pestisida sejatinya memang dibentuk dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Tujuannya tentu saja digunakan untuk mematikan hama yang menyerang tanaman. Itulah sebabnya bahan kimia yang kuat digunakan untuk pembuatan pestisida. namun bukan bebarti penggunaan pestisida akan menimbulkan masalah kesehatan. Selama pestisida digunakan dengan sebagaimana mestinya maka tidak akan membahayakan. Penting untuk menggunakan pestisida secara bijak sehingga tidak mencemari lingkungan dan juga tidak mengendap terlalu banyak.

Pestisida akan berbahaya jika digunakan tidak sesuai dosis. Zat kimia ini mampu menyebabkan berbagai masalah kesahatan jangka panjang. Dengan demikian maka menggunakan pestisida secara bijak sangat diperlukan. Berikut ini merupakan beberapa tipsnya:

  1. Pastikan pestisida yang digunakan sudah terdaftar

Dalam menggunakan pestisida maka gunakan merk pestisida yang sudah terdaftar. Jika demikian maka sudah diperhitungkan bahaya penggunaannya dan cara menanggulanginya. Dalam kemasan pastinya disertakan juga dosis yang diperlukan untuk menggunakan pestisida tersebut.

  1. Dosis

Perhatikan dosis saat akan mencairkan pestisida. Gunakanlah pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika melebihi dosis dimungkinkan bahaya bagi lingkungan dan juga tanaman. Apalagi residu pestisida jika termakan akan bahaya.

  1. Sasaran penggunaan

Tips Menggunakan Pestisida Secara Bijak Untuk menggunakan sumsi pestisida sebaiknya tidak disemprotkan pada bagian tanaman yang dikonsumsi. Alangkah baiknya jika pestisida hanya disemprotkan pada bagian tanaman yang terkena hama, bukan pada bagian yang nantinya akan dikonsumsi.

  1. Gunakan perlengkapan

Saat menyemprotkan pestisida pada tanaman usahakan anda menggunakan perlengkapan. Hal ini sagat penting agar anda tidak tercemari oleh pestisida yang sedang disemprotkan. Gunakanlah baju yang tertutup yakni yang lengannya panjang, topi, masker, dan sepatu boat.

  1. Perhatikan cara mencuci tangki

Saat akan mencuci tangki bekas pestisida maka tidak bisa sembarangan. Apalagi jika jumlah pestisida yang ada di dalam tangki masih banyak. Sementara membiarkannya tetap di dalam tangki bisa menyebabkan tangki berkarat, maka perlu segera dicuci. Maka untuk mencucinya gunakan lahan aman jauh daru rumah dan kubur disana. Jangan membuangnya di perairan yang mana banyak organisme di dalamnya.

Mengunakan pestisida secara bijak dapat membantu mengurangi bahaya pestisida di lingkungan. Dengan penggunaan yang tepat maka akan meminimalisir masalah kesehatan karena pada dasarnya pestisida masih aman digunakan jika sudah terdaftar. Selama residu dari pestisida dibawah 1 ppm maka masih aman untuk manusia. Namun selebihnya dikatakan berbahaya.

Related Posts