Pertanian & Hama

Jenis-jenis Hama Pada Tanaman Tomat dan Cara Mengatasinya

181

Jenis-jenis Hama Pada Tanaman Tomat Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang paling digemari untuk ditanam. Seperti halnya tanaman lainnya, tomat juga rentan akan serangan hama. Tanaman tomat sama halnya dengan tanaman lain seperti cabe dan terong yang masih semusim sehingga hama tanaman ini juga mirip. Penting sekali untuk mengetahui hama apa saja yang menyerang tanaman yang sedang ditanam. Hal ini untuk menanggulangi gagal panen. Jika tidak siap dengan hama yang menyerang maka tomat akan ludes dimakan hama. Pasalnya jika musim berbuah keberadaan hama tidak lagi terkontrol sehingga tak jarang membuat para petani kualahan menghadapi serangan hama. Maka sebelum banyak jumlah hama yang menyerang sebaiknya ketahui jenis hama pada tanaman tomat dan lakukan penanggulangan sebelum terlambat.

Hama pada tanaman tomat banyak jenisnya. Berikut ini adalah beberapa hama yang sering menyerang tanaman tomat di kebun:

  1. Kutu kebul

Namana aneh bukan? Kutu ini merupakan hama berwarna putih yang biasanya dijumpai di bawah daun. Seperti halnya kebul atau serbuk putih. Jika tertiup angina akan terbang. Kutu jenis ini sangat berbahaya bagi tanaman termasuk tomat. Dengan adanya kutu kebul maka tanaman bisa terhambat pertumbuhannya. Bisa jadi tanaman kerdil sehingga tidak menghasilkan buah yang diinginkan. Kutu kebul merupakan hama yang menghisap cairan pada daun secara perlahan sehingga menghambat pertumbuhan. Cara tepat untuk menghindari kutu kebul ini adalah dengan menjaga kebersihan perkebunan, menggunakan mulsa plastik, atau dengan bahan kimia akarisida.

  1. Lalat buah

Jenis-jenis Hama Pada Tanaman Tomat Lalat buah adalah hama yang wajib pada tumbuhan semacam tomat atau buah lainnya. Lalat buah dapat membusukkan buah sehingga tidak bisa dikonsumsi. Lalat buah bisa ditangani dengan mudah tanpa bahan kimia. Caranya yakni dengan membuat perangkap lalat buah.

  1. Ulat buah

Ulat buah juga menjadi musuh utama tomat terutama menyerang bagian daun dan pangkal. Seringkali lalat buah menyebabkan daun berlubang. Untuk mengatasi hama lalat buah bisa dengan membersihkan gulma, mengambil secara manual, atau dengan pestisida.

  1. Hama Thrips

Hama Thrips ini menyerang bagian daun dengan cara menghisap cairannya sehingga menyebabkan daun keriting. Cara menanggulangi hama ini dengan membersihkan gulma atau menggunakan senyawa abamektin.

  1. Ulat tanah

Ulat ini merusak batang tanaman. Ulat tanah aktif pada malam hari. Pada siang hari ulat ini bersembunyi dalam tanah. Agar tidak muncul ulat tanah maka perlu membersihkan gulma sehingga ulat tanah tidak mempunyai tempat untuk sembunyi.

Hama pada tanaman tomat ada banyak macamnya. Namun hama tersebut tidak hanya menyerang tanaman tomat tetapi juga buah pada umumnya. Terutama untuk buah yang hidup dalam satu musim. Jika sudah mengetahui jenis-jenis hama maka sebaiknya dilakukan langkah pencegahan saat menanam tomat sehingga bisa dipanen dengan utuh.

Related Posts