Pertanian & Hama

Cara Atasi Penyakit Pada Buah Melon

212

Melon merupakan jenis buah-buahan yang digemari. Dagingnya yang lembut, manis, dan segar tak susah untuk disukai. Tanaman ini merupakan tanaman musiman. Saat musim berbuah harganya akan lebih murah, berbeda dengan musim lainnya. Namun sama seperti buah pada umumnya, tanaman melon juga tidak mudah untuk dibiakkan. Akan banyak masalah seperti hama atau penyakit yang meyerang sehingga tanaman ini gagal dipanen. Maka sebagai petani yang bijak sebaiknya mengenali apa saja penyakit yang biasa menyerang tanaman melon sehingga saat tanaman mulai terjangkit penyakit bisa segera diatasi. Penyakit pada buah melon ini beragam. Timbulnya penyakit tergantung pada lingkungan tempat tinggalnya atau cara perawatannya yang kurang baik. Bakteri dan virus bisa menyerang jika lingkungan tidak sering dibersihkan.

Cara Atasi Penyakit Pada Buah Melon

Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit pada buah melon dan cara mengatasinya:

  1. Antraknosa

Penyakit antraknosa merupakan salah satu penyakt yang paling sering menyerang tanaman melon. Adanya penyakit antraknosa disebabkan karena infeksi virus Collectorichum lagenarium. Tjika tanaman melon terkena virus ini maka tandanya adalah bercak-bercak coklat yang muncul di sekitar buah melon. Bercak putih ini bisa menjadi bercak hitam tergantung seberapa parah infeksinya. Adanya virus ini perlu dibasmi sehingga tidak menulari bagian tanaman lain atau tanaman melon sekelilingnya. Cara menanganinya cukup mudah dengan menggunakan pestisida. Namun untuk menghindari infeksi lebih parah sebaiknya saat menanam antara tanaman satu dengan yang lain diberi jarak yang cukup lebar.

  1. Busuk buah

Cara Atasi Penyakit Pada Buah MelonBusuk buah merupakan salah satu penyakit yang menyerang tanaman melon. Penyakit ini muncul disebabkan infeksi virus Phytophtora nicotiniae yang menyerang pada buah, batang, dan daun. Ciri-ciri penyakit ini ditandai dengan bercak coklat pada batang yang sifatnya basah. Gejala pada daun terlihat seperti melepuh. Sementara pada buah akan menimbulkan bercak coklat kehitaman dan buah membusuk. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan menghilangkan bagian melon yang membusuk sehingga tidak menyebar.

  1. Embun bulu

Embun bulu merupakan salah satu penyakit ada tanaman melon. Ciri tanaman melon yang terkena penyakit ini adalah keadaan daun yang timbul bercak kuning. Sementara bagian belakang daun seperti ditumbuhi bulu halus putih. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan menggunakan cairan fungisida yang disemprotkan. Cara lainnya dengan memotong bagian daun yang terinfeksi.

Pada kenyataannya suatu tanaman sama halnya dengan makhluk hidup lainnya yang juga bisa terserang penyakit. Penyakit tanaman tidak hanya satu macam saja tetapi bermacam-macam. Seperti penyakit pada buah melon diatas yang beragam. Hal ini penting diketahui oleh petani sebelum menanam suatu tanaman. Pengetahuan ini bisa digunakan untuk meminimalisir adanya tanaman melon yang mati atau membusuk sehingga menyebabkan gagal panen.

Related Posts